,
Jakarta | Walikota Jakarta Pusat DR. Bayu Meghantara, Msi membuka lomba ngeset (ngulitin) kambing diacara Lebaran Tenabang 2019. Buyung selaku...
Jakarta | Pemilihan Ketua, Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) tingkat Kecamatan di wilayah Tapos berlangsung secara demokratis. Prosesi pemilihan itu...
Jakarta | Guna mempererat talisilaturahmi terhadap sesama,  Majelis  Dzikir Birrul Walidain menggelar acara Halal Bihalal. Dalam...
Jakarta | Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Pusat, Ros Ellyana Prasetyo meresmikan 5 titik MCK diwilayah DKI Jakarta, Senin...
Jakarta | Tiga bangunan liar di bongkar oleh Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat. Bangunan yang terletak di Jalan...
Jakarta | Kapolsek Johar Baru Komisaris Polisi Endy Mahandika.SH mendapat kejutan istimewa dari sejumlah orang yang mengatasnamakan Forum Kewaspadaan...
22 Juni 2019 | Dibaca: 63 Kali
KSOP Resmi Menutup Posko Lebaran Pangkal Balam

Pangkalpinang | Posko Angkutan
Lebaran 2019, di Pelabuhan Pangkal Balam yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Pangkal Pinang resmi di tutup. Upacara Penutupan Posko Lebaran 2019 itu berlangsung di halaman Pelabuhan Balam. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Izuar, S.Sos selaku Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan  (KSOP).
 
Apel penutupan posko lebaran yang melibatkan Staf kantor dan Instansi Kesehatan Pelabuhan, Jasa Raharja, PT Pelindo, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Polairud, Polres Pangkalpinang, Polsek Pelabuhan, Basarnas, TNI Angkatan Laut dan peserta lainnya berjalan khidmat.
 
Dalam amanatnya Izuar mengatakan terhitung dari tanggal 21 Mei  -  21 Juni 2019 atau  H -15 hingga H+15, posko lebaran di pelabuhan balam ini telah beroperasi selama satu bulan dan melibatkan beberapa instansi terkait lainnya.
 
Sebelumnya, posko terpadu tingkat nasional ini telah di tutup oleh  Menteri Perhubungan pada H+7 (14/06/2019) lalu.
 
"Sebelumnya posko tingkat nasional angkutan lebaran terpadu 2019 ini telah ditutup terlebih dahulu oleh menteri perhubungan. Namun, untuk moda transportasi laut masih terus berlangsung hingga H+15 ini, disebabkan oleh faktor pelayaran kapal dari satu titik ke titik lainnya yang membutuhkan waktu cukup lama dibandingkan moda transportasi lainnya. Sejalan dengan ini maka Posko angkutan Laut lebaran kami tutup secara resmi ," kata Izuar dalam sambutannya, Jumat  (21/06/2019).
 
Sejalan dengan itu, Izuar menjelaskan bahwa tercatat  lonjakan pemudik selama lebaran 2019 yaitu pada  H -15 sampai H+15 sebanyak 1.835.074 penumpang.
 
"Meningkatan 9.91% dibandingkan pada tahun 2018 yang lalu. Lonjakan penumpang diluar prediksi," paparnya.
 
Namun demikian Izuar mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penanganan mudik lebaran tahun ini. Sehingga lonjakan penumpang dapat teratasi dengan baik tanpa ada yang terlantar dan sampai tujuan.
 
" Terangkutnya para penumpang  melibatkan Kapal TNI AL , Kapal Navigasi serta Kapal Patroli KPLP untuk mengatasi lonjakan penumpang " jelas Izuar.
 
Program mudik gratis oleh BUMN menjadi pembuktian pemerintah kepada masyarakat artinya Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan  mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang menginginkan adanya mudik bareng asyik lancar serta berkeselamatan.
 
"Selama satu bulan kita saling berbagi tugas dan kerja keras serta menyatukan langkah secara terkoordinasi. Sehingga penyelenggaraan angkutan laut pada lebaran 2019 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya (edy).
 
 

Kantor Pusat :

The City Tower 
​​​​​​Jl.MH. Thamrin No. 81
Level 12 1N, JAKARTA PUSAT

Telp. 021 - 30490123