,
Surabaya |  Bak jamur di musim hujan, usaha kuliner seperti, kedai atau cafe kopi banyak bermunculan di beberapa daerah, khususnya di kota...
    Oleh : Djafar Badjeber, Pengamat Politik Bogor |  Manusia telah menjadi makhluk yang menakutkan belakangan ini. Manusia abad...
Batang  | Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilakukan secara terintegrasi bersama rakyat. Penyelenggaraan TMMD selama...
Jakarta | Asosiasi Pengelola Parkir Indonesia (Aspeparindo) akan mengandeng perusahaan asuransi demi memberikan kenyamanan pengguna saat parkir...
Jakarta | Usai mendapat pengesahan dan legalitas dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemkumham) dengan nomor  AHU-0014787 AH O1.O7...
Jakarta  |  Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait Reuni 212 yang akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. 1.459...
01 Desember 2018 | Dibaca: 73 Kali
Terkait Reuni 212, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Polisi Lalu Lintas (foto ist)

Jakarta  |  Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait Reuni 212 yang akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. 1.459 personel dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi.
 
"Disampaikan info rekayasa lalu lintas dan kekuatan dari anggota lalu lintas pada kegiatan penyampaian pendapat 212 di Monas pada Hari Minggu tanggal 2 Desember 2018 pukul 06.00 WIB sd selesai," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam keterangannya, Jumat (30/11/2018).
 
Rekayasa lalu lintas akan dibagi ke dalam lima zona. Para personel lalu lintas akan ditempatkan di sejumlah titik itu. Berikut ini rekayasa lalin yang disiapkan:
 
Zona A
 
1. Alih Arus di TL Harmoni:
 
A. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk akan dibelokkan ke kiri menuju arah Jalan Juanda (perlu pemasangan rambu portable dan water barrier yang ke arah Jalan Majapahit).
 
B. Arus lalu lintas dari arah Jalan Majapahit normal belok ke kiri menuju Jalan Suryo Pranoto, lurus ke arah Jalan Gajah Mada serta belok kanan ke Jalan Juanda. 
 
2. Rekomendasi perpakiran massa reuni 212 dapat menggunakan Gedung Bank Tabungan Negara, Gedung Bank Niaga, dan eks Pengadilan Negeri Jakpus.
 
Zona B
 
1. Arus lalin:
 
A. Arus laln dari Jalan Juanda akan diarahkan lurus ke arah Jalan Gunung Sahari. 
 
B. Arus lalin dari Jalan Katedral diluruskan ke Jalan Pasar Baru dan akan dicerai di perempatan Jalan Gunung Sahari. 
 
C. Arus lalin dari Jalan Mertim yang menuju ke Jalan Merut dilutuskan ke Jalan Perwira. Sedangkanbdi Jalan Veteran III menuju TL MA disterilkan dari arus lalu lintas.
 
2. Rekomendasi perparkiran massa Reuni 212 yang menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil, maupun bus dapat parkir di halaman Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, serta jalur pertama di sepanjang Jalan Lapangan Banteng Selatan. 
 
Zona C
 
1. Alih arus lalin di TL Simpang 5 Senen:
 
A. Arus lalin dari Jalan Letjen Suprapto akan dibelokkan ke arah kiri menuju Jalan Kramat Raya. Sedangkan arus lalin yang masuk ke underpass akan dikanalisasi pada sisi lajur kanan ke Jalan Gunung Sahari. Untuk arus yang akan masuk ke mess Den Mabes AD (Kompleks RSPAD) dilakukan filterisasi.
 
B. Arus lalin dari arah Jalan Kramat Raya menuju Tugu Tani diluruskan ke arah Jalan Gunung Sahari, kecuali massa Reuni 212. Lalu lintas dari Jalan Abdul Rahman Saleh difilterisasi untuk dialihkan belok kiri ke Jalan KKO Usman Harun menuju Simpang 5 Senen. 
 
C. Arus lalin dari Jalan Arief Rahman Hakim dan Jalan Kembang, pinggir Kali Kwitang, di Tugu Tani dilakukan filterisasi untuk dialihkan ke Jalan Menteng Raya. Sehingga mengurangi arus lalu lintas ke Jalan Ridwan Rais, kecuali peserta Reuni 212. Arus lalu lintas yang akan menuju ke Jalan Meruya Selatan di traffic light Batu diluruskan ke arah Jalan Meruya Timur. 
 
Zona D
 
1. Arus Lalin di Bundaran HI, air mancur Patung Kuda:
 
A. Arus lalu lintas menuju Jalan Budi Kemuliaan, baik dari Jalan Fachruddin maupun Jalan Abdul Muis akan diluruskan, dari Utara ke Selatan dan berlaku sebaliknya. 
 
B. Arus lalu lintas dari Jalan Sabang menuju trafic light PT Garuda diarahkan lurus ke arah Meruya Selatan akan dibelokkan ke kanan atau melawan arus menuju halaman Balai Kota DKI sebagai lahan parkir. Selain itu, peserta reuni juga dapat parkir di lajur kiri sepanjang jalan Meruya Selatan serta satu jalur di Jalan Budi Kemuliaan.
 
Zona E
 
1. Arus lalin dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju ke Jalan Agus Salim dilakukan filterisasi dan dibelokkan ke kiri masuk ke Jalan Kusuma Atmaja maupun ke Jalan Sumenep kecuali massa Reuni 212. 
 
2. Arus lalin dari Traffic Light Koramil yang menuju ke Jalan Sultah Syahrir dilakukan filterisasi dan dibelokan ke kiri menuju Jalan Siliwangi dan seterusnya. 
 
3. Massa reuni 212 dari TL Mandarin akan diluruskan ke arah Agus Salim - TL PT Garuda masuk Jalan Merdeka Selatan diarahkan masuk Monas melalui Pintu Monas Barat Daya. (pmjinf/yn)

Kantor Pusat :

The City Tower 
​​​​​​Jl.MH. Thamrin No. 81
Level 12 1N, JAKARTA PUSAT

Telp. 021 - 30490123